naik pesawat bersama anak

Naik Pesawat bersama Anak? Ini 7 Tips Agar Tetap Anteng dan Tidak Rewel

Dengan diumumkannya tidak ada PPKM, kamu tentu ingin merayakan dengan liburan bersama keluarga kecilmu. Jika kamu akan menggunakan transportasi pesawat, ada beberapa tips naik pesawat bersama anak yang harus kamu ketahui.

Pasalnya, bepergian jauh bersama anak menjadi tantangan tersendiri. Tak seperti orang dewasa, anak-anak bisa saja merasa stres dengan cepat sehingga mereka akhirnya rewel dan menangis.

Agar hal tersebut tidak terjadi, kamu bisa mempraktikkan sejumlah tips yang akan Bob bagikan. Yuk, simak ulasan lengkap Bob pada artikel berikut ini!

Tips Naik Pesawat bersama Anak

1. Perhatikan Peraturan Maskapai Penerbangan

Tips naik pesawat bersama anak pertama adalah perhatikan peraturan setiap maskapai penerbangan. Langkah ini wajib dilakukan sebelum memutuskan untuk bepergian jauh bersama sang buah hati.

Lakukanlah survei terkait seluruh peraturan maskapai penerbangan secara terperinci. Beberapa hal yang mesti diperhatikan adalah usia bayi yang sudah boleh naik pesawat hingga apakah perlu membeli tiket.

Pasalnya, beberapa maskapai penerbangan mempunyai ketentuan tersendiri terkait anak yang naik pesawat. Misalkan saja, umur minimal bayi yang diperbolehkan terbang dalam pesawat adalah usia dua tahun.

Untuk itu, pastikan kembali peraturan maskapai penerbangan sebelum membeli tiket. Jangan sampai terlanjur membeli tiket tapi malah tidak bisa membawa anak pergi bersama.

pesawat terbang di landasan

Sumber: @punttim via Pexels

2. Pilih Jadwal Penerbangan yang Tepat

Bagi yang mempunyai bayi atau anak kecil, sangatlah penting untuk mempertimbangkan memesan penerbangan lanjutan. Penerbangan lanjutan bisa memberi anak waktu beristirahat.

Pendaratan pesawat biasanya memberi tekanan udara pada telinga anak yang memungkinkan mereka merasa sakit. Dengan adanya waktu istirahat ini, anak jadi punya waktu untuk menenangkan diri.

Tak hanya itu, saat transit kamu bisa melakukan hal yang normalnya sulit dilakukan selama penerbangan, termasuk mengurusi si kecil. Misalnya adalah mencari makan, mengganti popok, hingga membiarkan anak bermain.

naik pesawat bersama anak cek jadwal penerbangan

Sumber: @joshsorenson via Pexels


Baca Juga: Habis Terbang Jauh? Coba 9 Cara Mengatasi Jet Lag Ini. Terbukti Ampuh!


3. Lakukan Check In Lebih Awal

Tips naik pesawat bersama anak lainnya adalah check in lebih awal. Ini dilakukan karena anak kecil butuh menyesuaikan diri dengan suasana baru yang relatif asing untuknya.

Bagi orang tua, check in tersebut sebagai bagian dari hal ekstra yang wajib dilakukan. Pasalnya, bepergian jauh bersama anak kecil pastinya membutuhkan tenaga dan waktu lebih agar tetap nyaman.

Nah, check in lebih awal ini juga tak hanya baik untuk kepentingan sang anak saja, lo. Orang tua juga bakal mendapatkan manfaat yang tak kalah banyak saat melakukan tips ini.

Langkah ini sendiri akan memberikanmu kesempatan dan ruang untuk melakukan beberapa hal. Hal ini seperti mengatur mainan, pokok, hingga makanan ringan untuk si buah hati.

bayi sedang berada di bandara

Sumber: @gustavo-fring via Pexels

4. Bawa Makanan dan Minuman Ringan

Aturan nomor satu saat naik pesawat bersama anak adalah membawa makanan ringan. Jangan sampai lupa membawa camilan yang disukai oleh anak-anak, ya.

Beberapa contoh camilan yang jadi favorit anak adalah biskuit dan buah-buahan. Tak lupa juga untuk menyediakan susu formula atau ASI dalam jumlah yang cukup selama perjalanan jauh.

Menyiapkan camilan-camilan ini juga untuk mengantisipasi delay penerbangan. Adanya camilan tentu membuat mood anak tetap gembira dan tidak membuat kegaduhan karena menangis.

naik pesawat bersama anak bawa camilan

Sumber: @thatguycraig000 via Pexels


Baca Juga: Ingin Coba Glamping? Simak 7 Tips Persiapan Glamping dari Bob Ini!


5. Buat Anak Rileks

Naik pesawat bersama anak bisa jadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Meski begitu, hal ini bisa diatasi mudah, kok. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan sebagai orang tua.

Misalkan saja, kamu bisa mengajak mereka bercanda dan bermain selama perjalanan. Membiarkan anak diam sendiri justru tidak baik karena bisa membuat mereka merasa stres.

Di samping itu, kamu juga mengajak anak melihat keindahan awan dari atas langit. Dengan begini, anak dijamin akan lebih tenang dan tidak stres selama bepergian menggunakan pesawat.

naik pesawat bersama anak harus nyaman dan rileks

Sumber: edition.cnn.com

6. Atur Kursi Anak Senyaman Mungkin

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan saat naik pesawat bersama anak adalah mengecek posisi kursi. Pastikan bahwa kursi anak nyaman untuk jangka waktu yang lama.

Sebaiknya, tempatkan anak di posisi tengah selama bepergian. Ini dilakukan agar orang tua bisa lebih mudah mengawasi tingkah laku si buah hati. Di samping itu, hindari menempatkan mereka di kursi samping lorong untuk mencegah terjatuh.

naik pesawat bersama anak kursi dibuat nyaman

Sumber: verywellfamily.com


Baca Juga: Bagaikan Surga, Ini Dia 7 Kebun Raya Terindah di Dunia


7. Bawa Obat-Obatan Pribadi

Tips naik pesawat bersama anak terakhir adalah membawa obat-obatan pribadi. Cobalah untuk membawa boks P3K berisi obat-obatan yang bisa jadi digunakan sewaktu-waktu selama perjalanan.

Tempatkan boks ini di tas khusus yang mudah diraih kapan pun. Jangan lupa juga untuk membawa dua tas khusus yang dibedakan antara obat pribadi orang tua dan anak, agar tidak tertukar.

Umumnya, obat-obatan yang wajib kamu bawa ini meliputi:

  • Obat pereda nyeri dan penurun demam
  • Obat diare
  • Obat mabuk perjalanan
  • Obat mag dan asam lambung
  • Obat alergi
  • Obat masuk angin, pilek, dan flu
  • Obat tetes mata
naik pesawat bersama anak obat-obatan

Sumber: @pixabay via Pexels


Soal Inap Menginap? Bobobox Ahlinya

Bingung memilih tempat menginap yang pas untuk liburan? Tak usah khawatir, ada Bobobox yang menjadi salah satu hotel recommended banyak orang saat memilih tempat menginap.

Hotel kapsul canggih ini menawarkan fasilitas mumpuni seperti pod yang luas dan koneksi Wi-Fi kencang untuk para pengunjungnya.

Tunggu apalagi? Yuk, unduh aplikasi Bobobox di sini untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles