Sumber: @foodiebelitung via Instagram

4 Minuman Khas Bangka Belitung yang Legendaris, Nggak Ada di Tempat Lain!

Selain pesona alam yang eksotis, Kepulauan Bangka Belitung juga menawarkan beragam kuliner khas yang biasanya tidak akan kamu temui di daerah lain. Jangan sampai kelewatan icip-icip kuliner khas daerah di timur Pulau Sumatra ini. Nah, berikut adalah empat minuman khas Bangka Belitung yang wajib kamu coba!

Es Jeruk Kunci

Sumber: @foodiebelitung via Instagram

Sesuai namanya, es jeruk kunci merupakan salah satu minuman khas Bangka Belitung yang terbuat dari buah jeruk kunci.

Buah satu ini memang merupakan buah asli Bangka Belitung dan jarang ditemui di luar pulau ini.

Masyarakat setempat menyebutnya dengan nama ngrinyam. Namun, buah ini juga terkenal dengan sebutan lain, seperti jeruk cina, limau calong, jeruk sambal dan jeruk cino.

Buah jeruk kunci sendiri berbentuk lonjong bulat dan berukuran kecil seperti bola pingpong atau golf. Kulit buahnya berwarna hijau dengan daging kuning keoranyean saat sudah matang.

Aromanya sangat menyegarkan dan khas dengan rasa asam kecut melebihi jeruk purut dan jeruk nipis. Meski begitu, kamu bisa langsung memakannya jika mau.

Namun, diminum dalam bentuk es jeruk kunci tentu akan lebih menyegarkan, terutama di tengah teriknya matahari Bangka Belitung.

Buah satu ini memiliki kulit tipis dan lembut tanpa kerutan yang membuat proses pemerasan sarinya lebih mudah.

Dengan tambahan gula, air dan es, es jeruk kunci pun siap kamu minum. Rasanya yang masam dijamin bikin melek terus, supaya tidak ada kata lelah untuk menjelajahi wisata Bangka Belitung.

Es jeruk kunci sendiri bisa kamu temui di banyak tempat di Bangka Belitung, termasuk di warung-warung bakso, mi Belitung, dan lainnya sebagai teman makan.

Jika tidak suka dingin, kamu bisa memesannya sebagai minuman hangat tanpa es.

Minuman khas Bangka Belitung ini juga tersedia dalam bentuk sirup botol yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Selain sebagai minuman, masyarakat Bangka Belitung juga kerap menggunakannya untuk tambahan makanan lain.

Sebut saja untuk sambal kecap dan terasi dan juga sebagai pengganti cuka atau jeruk nipis pada makanan seperti bakso, soto, mi Belitong, mi koba atau mi kuah ikan.


Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner Khas Ubud Terbaik, Puas Manjakan Lidah


Es Kacang Merah Ayong

minuman khas Bangka Belitung

Sumber: @tjhiamimie via Instagram

Saat berlibur di kota Pangkalpinang, sempatkan diri untuk berkunjung ke Warung Es Ayong. Menu utama dari kedai ini adalah es kacang merah yang pas banget dimakan di siang hari.

Satu porsi minuman khas Bangka Belitung ini biasanya berisi es serut lembut, cincau, cendol, kolang-kaling, tapai singkong, kelapa muda, buah nipah, alpukat, kacang hijau, air gula, susu kental manis, dan tentunya kacang merah.

Rasanya yang manis dan menyegarkan bisa menjadi pelepas dahaga setelah lelah berwisata sekaligus menjadi teman untuk menu lain yang tersedia di warung tersebut.

Es kacang merah Ayong ini termasuk minuman legendaris yang sudah ada sejak tahun 1974. Nama Ayong yang tersemat berasal dari nama pemilik kedai tersebut.

Selain es kacang merah, kamu juga bisa memesan makanan dan minuman lain, seperti pempek telur, pempek lenjer, mi kuah ikan, es campur, es alpukat, es kelapa, dan lainnya.


Baca Juga: Main ke Purwokerto? Belum Lengkap Tanpa 7 Oleh-Oleh Khas Ini


Es Campur Pelangi Anggrek

minuman khas Bangka Belitung

Sumber: @jelajahrasarah via Instagram

Es campur Pelangi merupakan salah satu menu andalan yang bisa kamu jumpai di sebuah restoran legendaris Banga Belitung, yaitu Resto Anggrek.

Sudah eksis sejak tahun 1982, restoran ini menyediakan beragam menu, termasuk salah satunya minuman yang menjadi andalah dan kerap diburu pengunjung, yaitu es campur pelangi Anggrek.

Minuman khas Bangka Belitung ini berisi es yang telah diserut halus hingga dua kali.

Di dalamnya, terdapat tambahan topping berupa kacang merah, tapai, dawet, cincau, suus kental manis, dan sirup buatan sendiri yang resepnya sudah turun temurun. Dari perpaduan inilah tercipta es beragam warna layaknya pelangi yang siap menggoyang lidah kamu

Karena menggunakan resep keluarga, jangan heran jika kamu tidak akan menemukan minuman ini di tempat lain, kecuali di cabangnya.

Berlokasi di depan Bangka Trade Center, Resto Anggrek adalah tempat yang cocok untuk nongkrong bersama teman sambil menikmati es campur pelanginya.

Sejak pertama kali muncul, restoran satu ini memang terkenal dengan beragam menu esnya. Selain es campur Pelangi, mereka juga menawarkan es tapai singkong, es teler, es Shanghai, es nangka, es lidah buaya, es sirsak, es kacang merah dan lainnya.

Namun, seiring berjalannya waktu, restoran tersebut menambahkan menu-menu makanan barat sebagai pelengkap acara nongkrong pengunjung. Di antaranya adalah:

  • Pangsit tek-tek
  • Kwetiau kuah dan goreng
  • Bihun kuah dan goreng
  • Ifumie
  • Mi kuah dan goreng
  • Bakmi ayam bakso pangsit
  • Aneka olahan udang dan cumi
  • Sop buntut
  • Iga bakar
  • Nasi ayam teriyaki
  • Nasi goreng
  • Soto tangkar, babat, dan Betawi
  • Sop sapi, sapi lada hitam, dan sop iga kacang merah
  • Aneka olahan ayam
  • Steak
  • Aneka roti
  • Goreng-gorengan (mulai dari lumpia hingga onion ring)
  • Pasta dan salad
  • Teh, kopi dan jus

Baca Juga: 7 Toko Oleh-Oleh Khas Jogja yang Patut Dikunjungi Saat Menginap di Bobobox Malioboro


Tai Fu Sui

tai fu sui, minuman khas Bangka Belitung

Sumber: @ibu.millenial via Instagram

Terkenal sebagai kuliner perpaduan Melayu dan Tionghoa, tai fu sui merupakan minuman khas Bangka Belitung yang terbuat dari kacang kedelai.

Karena itu, sebagian orang kerap menyebutnya sebagai susu kedelai. Meski sama-sama susu kedelai, tai fu sui ini memiliki cita rasa khas yang membedakannya dari susu kedelai biasa.

Minuman khas Bangka Belitung ini kebanyakan dibuat oleh masyarakat keturunan Tionghoa. Pembuatannya melibatkan proses pencucian dan perendaman sehingga mereka bisa melepas kulit arinya.

Setelah itu, kacang akan diblender hingga halus. Agar rasanya lebih khas, mereka biasanya menggunakan penggilingan batu.

Namun, alat itu kini mulai jarang digunakan. Hasil gilingan kemudian diperas menggunakan kain lalu air perasannya akan mereka masak dengan tambahan gula dan sedikit garam agar terasa gurih.

Setelah jadi, kamu bisa meminum tai fu sui dalam keadaan dingin maupun panas, sesuai selera saja.

Minuman khas Bangka Belitung ini biasanya dapat kamu jumpai di pagi dan malam hari di sekitar alun-alun kota Pangkalpinang, pinggir jalan, pasar, dan di depan area Bangka Trade Center hingga Jaguar.

Penduduk setempat menamai kegiatan minum tai fu sui dengan istilah “musoi“.

Kegiatan satu ini bisa kamu nikmati bersama teman-teman sambil mengobrol dan menyantap hidangan lainnya, seperti pempek, tahu, otak-otak, atau kue khas Bangka.


Menyatu dengan Alam Bersama Bobocabin

Ingin merasakan pengalaman menginap di tengah alam tanpa ribet? Staycation di Bobocabin bisa menjadi solusi yang tepat.

Mengusung konsep futuristik lengkap dengan teknologi Internet of Things, Bobocabin siap menemani kamu merasakan tenangnya alam dalam balutan teknologi canggih.

Untuk masalah internet, kamu tidak perlu khawatir. Bobocabin tentunya sudah menyediakan Wi-Fi kencang untuk memperlacar semua kegiatan daring kamu.

Pilihannya juga beragam. Kamu bisa memilih staycation di Ranca Upas, Cikole, Toba, Kintamani, Gunung Mas, Coban Rondo, Baturraden, Padusan, Sumba dan Ubud.

Mana pun pilihan kamu, yuk unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles